Sumber: Penulis

UNTIDAR - Mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Tidar (UNTIDAR) yang tergabung ke dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) meluncurkan inovasi produk usaha baru bernama REDAMEN.

 

RADIMEN merupakan produk inovasi dari reed diffuser yang dapat menjadi peluang wirausaha. Reed diffuser adalah alat pengharum ruangan yang terdiri dari wadah kaca berisi pengharum dan stick rotan untuk menebarkan aroma. Reed diffuser termasuk salah satu jenis pengharum ruangan berbentuk cairan yang tersimpan di dalam botol. Cairan yang terdapat dalam botol akan diserap oleh rotan (reed) dan menebarkan aroma ke seluruh ruangan.

 

Sumber: Penulis

Tim PKM-K Faperta UNTIDAR dibimbing oleh Prashinta Nita Damayanti dan M.Pharm. Sci., diketuai Maulana Ismail Arfian dan beranggotakan Ifan Fajar Setiawan, Rizka Aulia Nasywa, Sri Suci Nurani, Siti Umahatun Mardiyah dari Program Studi Agroteknologi. Tim PKM-K REDAMEN merupakan salah satu dari 14 tim PKM yang lolos pendanaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dari UNTIDAR.

 

Produk ini dilatarbelakangi dari meningkatnya gangguan kesehatan mental. Diantaranya yaitu stres dan depresi yang berdampak pada kesehatan fisik secara menyeluruh sehingga menimbulkan insomnia, obesitas, hingga gangguan jantung.

 

Reed diffuser dapat menjadi solusi dalam mengatasi dan mencegah gangguan pikiran. Komposisi bahan utama dalam pembuatan cairan reed diffuser menghasilkan aroma terapi yang menenangkan pikiran dan membuat tubuh lebih rileks. REDAMEN hadir sebagai inovasi reed diffuser baru untuk generasi milenial dengan keunggulan hasil kombinasi minyak atsiri dari bunga kenanga dan aroma teh hijau yang menyegarkan. Selain itu juga menghasilkan wangi yang khas bernuansa alam.

 

Sumber: Penulis

Bunga kenanga mengandung linalool yang dapat mmeningkatkan ketenangan, mengurangi  kecemasan,  dan  mendorong  relaksasi. Kombinasi teh hijau dengan minyak atsiri dari bunga kenanga, menghasilkan bau harum yang menenangkan pikiran.

 

Produk ini dibanderol seharga Rp 30.000,- per pcs, lengkap dengan rotan tiga buah, dan ornamen bunga yang dikemas dalam botol 30 ml. Sejauh ini, tim REDAMEN melakukan pemasaran produk melalui sosial media, bazar, maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Produk ini memiliki keunggulan yaitu tidak membutuhkan listrik maupun api sebagai media penebar aroma sehingga aman dan mudah digunakan. Selain itu, bentuk reed diffuser yang minimalis dan estetik dapat dijadikan hiasan ruangan. 

 

Penulis

1. Maulana Ismail Arfian

2. Ifan Fajar Setiawan 

3. Rizka Aulia Nasywa

4. Sri Suci Nurani 

5. Siti Umahatun Mardiyah

Editor: Salma Nurhaliza 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama