Sumber: Penulis


Tim PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Himaprodi PBSI) Universitas Tidar telah menggelar pembukaan PPK Ormawa di Desa Pucungroto, Kecamatan Kajoran, pada Kamis, (11/7). Pembukaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) tersebut dihadiri oleh berbagai tamu undangan di antaranya dosen dan tim terkait, kepala desa, perwakilan mitra dari Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Babinsa, hingga Babinkamtibmas Kecamatan Kajoran.

 

Acara ini diharapkan menjadi sebuah kegiatan yang melibatkan mahasiswa untuk mengenalkan program, mempererat tali silaturahmi, serta bersinergi bersama dengan masyarakat Desa Pucungroto. Wahyu Andriyanto, S.A.P., selaku Kepala Bagian Akademik Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Tidar menyampaikan bahwa pembukaan PPK Ormawa menjadi langkah awal untuk membangun semangat dalam menjalankan program ke depan. Adanya program ini, tentu memberikan insight  terhadap masyarakat serta universitas sebagai bagian dari pemberdayaan dan pengabdian.

 

Sumber: Penulis


Mengangkat program “Seputik Sekar” (Sekolah Perempuan Aktif, Kreatif, Semangat Berkarya), diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap eksistensi kaum perempuan khususnya di Desa Pucungroto. ”Saya berharap program PPK Ormawa Himaprodi PBSI dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih pula kepada masyarakat yang sudah sangat antusias mengikuti kegiatan dan membantu kami,” ujar Fiki Mahya Mafaza selaku ketua PPK Ormawa Himaprodi PBSI. Hal yang serupa juga disampaikan oleh Winasti Rahmadiani, M.Hum selaku Dosen Pendamping program, bahwa “Seputik Sekar” merupakan program harapan bagi perempuan termasuk ibu rumah tangga agar memiliki akses pendidikan dan sosial yang mumpuni. Hal ini dapat meningkatkan taraf dan keterampilan perempuan masyarakat Desa Pucungroto.

 

“Hati saya terasa bergetar karena terpancar nuansa keilmuan dan semangat dari Adik-adik mahasiswa. Semoga nantinya semangat itu turut membakar api semangat para Ibu untuk belajar,” ujar Kepala Desa Pucungroto.

 

Pembukaan acara berlangsung sejak pagi dengan penampilan hadroh hingga simbolis pemotongan tumpeng sebagai tanda telah dibukanya program secara resmi. Kesenian dari salah satu dusun di Pucungroto yaitu Topeng Ireng Manggala Rimba juga turut meramaikan pembukaan PPK Ormawa ini. Menghadirkan berbagai tarian seperti Rodat Putra, Rodat Anak-anak, Rodat Klasik, hingga tari kreasi yang menghibur warga desa. Antusias warga pun terlihat di panggung pertunjukan yang disediakan. Tak ketinggalan Tim PPK Ormawa Himaprodi, tim volunteer, serta tim monitoring dan evaluasi pun turut memeriahkan acara dengan menari bersama. Momen ini merupakan pengalaman yang berharga dan tak terlupakan bagi tim untuk bisa berbaur dengan masyarakat. Adanya program PPK Ormawa Himaprodi PBSI di Desa Pucungroto diharapkan mampu memberikan dedikasi dan pengabdiannya sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Penulis: Annisa Eka

Editor: Siti Roqidah

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama