Sumber: Penulis

UNTIDAR - Bertepatan dengan ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Universitas Tidar menggelar acara nonton bareng (nobar) pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di Gedung Kuliah Umum dr.H.R. Suparsono, Universitas Tidar, (11/6).


Nobar terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Meski pertandingan baru dimulai pada 19.30 WIB, namun antusias penonton mulai terlihat sejak usai Maghrib. Terbukti dengan banyaknya motor yang terparkir memadati depan lokasi tempat nobar.


Ada dua tempat yang dapat penonton pilih yakni di lantai bawah atau atas. Terbagi menjadi tiga bagian, lantai atas hanya menyisakan beberapa tempat duduk, sehingga bagi penonton yang datang terlambat, terpaksa harus duduk di lantai karena kehabisan jatah kursi.

 

Suasana semakin meriah ketika pemain Timnas Indonesia, Thom Haye, berhasil melesatkan gol pada menit ke-31. Pemain yang musim ini bermain untuk SC Heerenveen di Liga Belanda tersebut, melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu diselamatkan oleh kiper Filipina. Riuhan suara penonton memenuhi ruangan. Chant Indonesia pun dilagukan beserta tepuk optimis merayakan gol pembuka.

 

Sumber: Penulis

Pada menit ke-56, Rizky Ridho berhasil menjebol gawang Filipina setelah berhasil menyundul bola dari umpan manis Nathan Tjoe A On. Keberhasilan ini menambahkan satu angka di papan skor Timnas Indonesia. Hal yang sama terulang, penonton kembali bersorak dan menyanyikan chant Indonesia, bahkan mengibarkan bendera merah putih di dalam ruangan.

 

Indonesia mampu bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Garuda menguasai pertandingan dengan jumlah tembakan sebanyak 20, 7 di antaranya berhasil on-shoot, serta penguasaan bola sebesar 53,8%. Statistik ini mengungguli Timnas Filipina yang hanya mampu mencetak 7 tembakan dengan satu on-shoot. Hingga pertandingan usai, tidak ada lagi gol yang terciptaa dari tim Indonesia maupun Filipina. Hal ini berhasil membuat Timnas Indonesia memenangkan laga melawan Negeri Lumbung Padi dengan skor akhir 2-0. Hasil tersebut membuat Timnas Indonesia melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan memastikan tiket Piala Asia 2027.

Wahyu, salah seorang penonton yang hadir di acara
nobar mengungkapkan bahwa acara ini dapat mengisi waktu di minggu tenang. "Acaranya seru banget, pas deh buat ngisi minggu tenang," ujarnya.


Melihat penampilan gemilang Timnas, Wahyu berharap agar Indonesia dapat berkembang lebih baik lagi dan mampu meloloskan diri ke putaran final Piala Dunia nantinya. "Harapannya semakin baik dan berkembang dan semoga lolos piala dunia!"

Hal yang senada juga diucapakan oleh Pras yang juga hadir dalam acara
nobar tersebut. "Seru apalagi antusias dari penonton. Wah, euforianya sangat megah!" ujarnya. Ia juga berharap yang terbaik untuk Garuda Indonesia untuk terus melaju ke dan lolos kualifikasi Piala Dunia.


Sehubungan dengan kegiatan nobar, Ketua Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama Universitas Tidar, Drs. Giri Atmoko, M.Si., mengatakan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini salah satunya untuk memupuk rasa nasionalisme mahasiswa dan umum. "Tujuan diadakan kegiatan ini yang pertama tentu mendukung Timnas Indonesia, kemudian menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memberi hiburan kepada mahasiswa di waktu minggu tenang dengan kegiatan positif."


Giri pun tak menyangka penonton yang hadir sangat antusias. "
Sangat surprise, ternyata penonton sangat banyak, ibaratnya semua kursi di auditorium terisi. Saya harap mahasiswa sangat senang dengan kegiatan ini." tutupnya.


Penulis : Ziida Taufiqii
               Achmad Faqih Muniry

Editor : Siti Roqidah


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama